Kamis, 25 Juni 2015

Reformasi UCI Versi A. Widhi Bagian 1 (Road, Track & Cyclo-Cross)

UCI berencana untuk mereformasi olahraga balap sepeda (jalan raya) pada tahun 2017 nanti. Rencana ini disambut baik oleh sejumlah petinggi dan penyelenggara, namun ada beberapa penyelenggara yang memboikot semua balapan yang diselenggarakan oleh mereka jika reformasi ini diterapkan. Saya sebagai fans balap sepeda pada awalnya menyambut baik reformasi UCI ini. Kemudian saya berpandangan netral tentang reformasi UCI. Akan tetapi saya kurang setuju dengan beberapa aspek seperti jumlah pebalap dalam satu tim profesional yang ditentukan oleh UCI yang dinilai terlalu sedikit, yaitu 22 pebalap, padahal kebanyakan balapan sepeda jalan raya memiliki 8 pebalap di setiap tim. Dan saatnya proyeksi reformasi UCI versi saya aka versi A. Widhi.

Reformasi UCI versi A. Widhi akan mengubah balap sepeda, terutama jalan raya ke arah yang lebih baik lagi. Reformasi ini akan mengatur struktur tim dan balapan sepeda jalan raya secara menyeluruh. Reformasi ini juga akan menekankan kepada kesetaraan gender dan keberagaman. Dengan reformasi versi A. Widhi, pebalap sepeda putra dan putri dari berbagai negara akan memiliki kesempatan yang sama dalam balapan.

Reformasi UCI Versi A. Widhi

Disiplin Jalan Raya

Divisi Tim (Putra)

Tim dalam balap sepeda jalan raya akan dibagi menjadi tiga berdasarkan kualitas tim, reputasi tim dan jumlah pebalap dalam setiap tim.
  • Divisi 1 atau First Division atau Professional International atau ProIntl adalah tim profesional berkualitas tinggi yang diakui secara international dan memiliki reputasi tinggi. Tim yang bergabung dalam Divisi 1 atau First Division terdiri dari 18 tim yang terdiri dari 18-24 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 2 atau Second Division atau Professional Continental atau ProCon adalah tim profesional berkualitas sedang yang diakui secara regional dan internasional dan memiliki reputasi sedang. Tim yang bergabung dalam Divisi 2 atau Second Division terdiri dari 24-30 tim yang terdiri dari 14-20 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 3 atau Third Division atau Professional Regional atau ProReg adalah tim profesional berkualitas rendah yang diakui secara regional dan memiliki reputasi rendah. Tim yang bergabung dalam Divisi 3 atau Third Division terdiri dari 12-24 tim untuk setiap area atau region yang terdiri dari 10-16 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development adalah tim untuk kelas junior dan U23 yang ditujukan untuk mempersiapkan pebalap muda untuk menjadi pebalap profesional berkualitas rendah hingga tinggi dan diakui secara regional dan internasional. Tim yang bergabung dalam Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development terdiri dari 12-18 tim untuk setiap area atau region yang terdiri dari 10-16 pebalap di setiap tim.
Divisi Balapan (Putra)

Balapan dalam balap sepeda jalan raya akan dibagi menjadi empat berdasarkan kualitas, reputasi dan popularitas balapan tersebut.
  • WorldTour adalah balapan berkualitas tinggi yang diakui secara internasional, memiliki reputasi tinggi dan populer di seluruh dunia. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah seluruh tim Divisi 1 atau First Division dan beberapa tim Divisi 2 atau Second Division yang diundang. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 24 tim yang terdiri dari 18 tim Divisi 1 atau First Division dan 6 tim Divisi 2 atau Second Division yang diundang. Jumlah pembalap dalam balapan kategori ini adalah 8 pebalap di setiap tim untuk balapan Grand Tour, balapan satu minggu dan satu hari. Total pebalap dalam balapan kategori ini adalah 192 pebalap untuk Grand Tour, balapan satu minggu dan satu hari.
  • Hors Categorie atau Beyond Category adalah balapan berkualitas sedang-tinggi yang diakui secara regional dan internasional, memiliki reputasi sedang-tinggi dan populer di berbagai negara. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah sebagian tim Divisi 1 atau First Division, sebagian tim Divisi 2 atau Second Division dan sebagian tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 24 tim yang terdiri dari 12 tim Divisi 1 atau First Division, 8 tim Divisi 2 atau Second Division dan 4 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan. Jumlah pembalap dalam kategori ini adalah 8 pembalap di setiap tim untuk balapan satu minggu maupun satu hari. Total pembalap dalam balapan kategori ini adalah 192 pembalap untuk seluruh kategori balapan.
  • First Category adalah balapan berkualitas sedang yang diakui secara regional, memiliki reputasi sedang dan populer di beberapa negara. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah sebagian tim Divisi 1 atau First Division, sebagian tim Divisi 2 atau Second Division dan sebagian tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 20 tim yang terdiri dari 8 tim Divisi 1 atau First Division, 6 tim Divisi 2 atau Second Division dan 6 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 8 pebalap di setiap tim untuk balapan satu minggu maupun satu hari. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 160 pebalap untuk seluruh kategori balapan.
  • Second Category adalah balapan berkualitas rendah-sedang yang diakui secara regional, memiliki reputasi rendah-sedang dan populer di beberapa negara.Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah sebagian tim Divisi 2 atau Second Division dan sebagian tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 20 tim yang terdiri dari 4 tim Divisi 2 atau Second Division dan 16 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan, tim dari area atau region lain dapat ikut serta dalam balapan. Jumlah pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 7 pebalap di setiap tim untuk balapan satu minggu maupun satu hari. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 140 pebalap untuk seluruh kategori balapan.
Divisi Tim (Putri)

Pembagian tim balap sepeda putri sama dengan putra hanya jumlah tim dan pebalap lebih kecil.
  • Divisi 1 atau First Division atau Professional International atau ProIntl adalah tim profesional berkualitas tinggi yang diakui secara internasional dan memiliki reputasi tinggi. Tim yang bergabung dalam Divisi 1 atau First Division terdiri dari 16 tim yang terdiri dari 16-20 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 2 atau Second Division atau Professional Continental atau ProCon adalah tim profesional berkualitas sedang yang diakui secara regional dan internasional dan memiliki reputasi sedang. Tim yang bergabung dalam Divisi 2 atau Second Division terdiri dari 20 tim yang terdiri dari 12-16 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 3 atau Third Division atau Professional Regional atau ProReg adalah tim profesional berkualitas rendah yang diakui secara regional dan memiliki reputasi tinggi. Tim yang bergabung dalam Divisi 3 atau Third Division terdiri dari 10-15 tim untuk setiap area atau region yang terdiri dari 8-12 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development adalah tim untuk kelas junior dan U23 yang ditujukan untuk mempersiapkan pebalap muda untuk menjadi pebalap profesional berkualitas rendah hingga tinggi dan diakui secara regional dan internasional. Tim yang bergabung dalam Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development terdiri dari 10-15 tim untuk setiap area atau region yang terdiri dari 8-12 pebalap di setiap tim.
Catatan: Tim Divisi 3 atau Third Division dipecah menjadi dua, yaitu Professional Regional dan Development. Tim Professional Regional adalah tim yang ditujukan untuk pebalap profesional berkualitas rendah. Sedangkan tim Development ditujukan untuk pebalap muda yang mempersiapkan diri untuk menjadi pebalap profesional.

Divisi Balapan (Putri)

Pembagian balapan dalam balap sepeda putri sama dengan putra hanya jumlah hari balapan, tim dan pebalap lebih kecil.
  • WorldTour adalah balapan berkualitas tinggi yang diakui secara internasional, memiliki reputasi tinggi dan populer di seluruh dunia. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah seluruh tim Divisi 1 atau First Division dan beberapa tim Divisi 2 atau Second Division yang diundang. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 20 tim yang terdiri dari 16 tim Divisi 1 atau First Division dan 4 tim Divisi 2 atau Second Division yang diundang. Jumlah pebalap dalam balapan kategori ini adalah 8 pebalap di setiap tim untuk balapan Grand Tour, balapan satu minggu dan satu hari. Total pebalap dalam balapan kategori ini adalah 160 pembalap untuk Grand Tour, balapan satu minggu dan satu hari.
  • Hors Categorie atau Beyond Category adalah balapan berkualitas sedang-tinggi yang diakui secara regional dan internasional, memiliki reputasi sedang-tinggi dan populer di berbagai negara. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah sebagian tim atau seluruh Divisi 1 atau First Division, sebagian tim Divisi 2 atau Second Division dan sebagian tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 20 tim yang terdiri dari 8 tim Divisi 1 atau First Division, 6 tim Divisi 2 atau Second Division dan 6 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 7 pebalap di setiap tim untuk balapan satu minggu maupun satu hari. Total pebalap dalam balapan kategori ini adalah 140 pembalap untuk seluruh kategori balapan.
  • First Category adalah balapan berkualitas sedang yang diakui secara regional, memiliki reputasi sedang dan populer di beberapa negara. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah sebagian tim Divisi 1 atau First Division, sebagian tim Divisi 2 atau Second Division dan sebagian tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 18 tim yang terdiri dari 8 tim Divisi 1 atau First Division, 6 tim Divisi 2 atau Second Division dan 4 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 6 pebalap di setiap tim untuk balapan satu minggu maupun satu hari. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 108 pebalap untuk seluruh kategori balapan
  • Second Category adalah balapan berkualitas rendah-sedang yang diakui secara regional, memiliki reputasi rendah-sedang dan populer di beberapa negara.Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah sebagian tim Divisi 2 atau Second Division dan sebagian tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 18 tim yang terdiri dari 6 tim Divisi 2 atau Second Division dan 12 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan, tim dari area atau region lain dapat ikut serta dalam balapan. Jumlah pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 6 pebalap di setiap tim untuk balapan satu minggu maupun satu hari. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 108 pebalap untuk seluruh kategori balapan.
Tingkat Balapan
  • World Tour adalah seri balapan sepeda jalan raya sepanjang tahun yang diselenggarakan di berbagai belahan dunia, terdiri dari balapan berkualitas tinggi (WorldTour) yang diakui secara internasional, memiliki reputasi tinggi dan populer di seluruh dunia.
  • Continental Tour adalah seri balapan sepeda jalan raya sepanjang tahun yang diselenggarakan di masing-masing benua (UCI memiliki 5 wilayah benua), terdiri dari balapan berkualitas sedang hingga tinggi (Hors Categorie dan First Category) yang diakui secara regional dan internasional, memiliki reputasi sedang hingga tinggi dan populer di berbagai negara, bahkan di seluruh dunia untuk sebagian balapan.
  • Regional Tour adalah seri balapan sepeda jalan raya sepanjang tahun yang diselenggarakan di masing-masing area atau region (UCI memiliki 25 area atau region), terdiri dari balapan berkualitas rendah hingga sedang (Second Category) yang diakui secara regional, memiliki reputasi rendah hingga sedang dan populer di beberapa negara.
Jenis Balapan
  • Grand Tour adalah balapan yang terdiri dari minimal 14 etape untuk putra dan 10 etape untuk putri yang berlangsung selama tiga minggu untuk putra dan dua minggu untuk putri.
  • Balapan satu minggu atau stage race adalah balapan yang terdiri dari 2-7 etape untuk putra dan 2-6 etape untuk putri yang berlangsung mengikuti jumlah etape yang berlangsung hampir setiap hari.
  • Classics adalah balapan yang hanya terdiri dari satu etape yang biasanya menjadi pembuka dan penutup musim balapan.
  • Balapan satu hari atau one-day race adalah balapan yang hanya terdiri dari satu balapan yang diselenggarakan selama satu hari.
Rekomendasi Kategori Balapan Untuk Setiap Divisi
  • Tim Divisi 1 atau First Division dapat mengikuti balapan kategori WorldTour, Hors Categorie atau Beyond Category dan First Category.
  • Tim Divisi 2 atau Second Division dapat mengikuti balapan kategori WorldTour, Hors Categorie atau Beyond Category, First Category dan Second Category.
  • Tim Divisi 3 atau Third Division dapat mengikuti balapan kategori Hors Categorie atau Beyond Category, First Category dan Second Category.
  • Tim Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development dapat mengikuti balapan dengan kategori yang sama dengan tim Divisi 3 atau Third Division.
Rekomendasi Tingkatan Balapan Untuk Setiap Divisi
  • Tim Divisi 1 atau First Division dapat mengikuti balapan tingkat WorldTour dan Continental Tour.
  • Tim Divisi 2 atau Second Division dapat mengikuti balapan tingkat World Tour, Continental Tour dan Regional Tour.
  • Tim Divisi 3 atau Third Division dapat mengikuti balapan tingkat Continental Tour dan Regional Tour.
  • Tim Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Developmental dapat mengikuti balapan tingkat Continental Tour dan Regional Tour.
Hari Balapan dan Hari Membalap
  • Jumlah hari balapan dalam WorldTour adalah 140/150 hari untuk putra dan 120 hari untuk putri.
  • Jumlah hari balapan dalam Continental Tour adalah 120 hari untuk putra dan 100 hari untuk putri.
  • Jumlah hari balapan dalam Regional Tour adalah 100 hari untuk putra dan 80 hari untuk putri.
  • Hari membalap ideal dalam satu musim untuk tim Divisi 1 atau First Division adalah 80-89 hari untuk putra dan 60-69 hari untuk putri.
  • Hari membalap ideal dalam satu musim untuk tim Divisi 2 atau Second Division adalah 70-79 hari untuk putra dan 50-59 hari untuk putri.
  • Hari membalap ideal dalam satu musim untuk tim Divisi 3 atau Third Division adalah 60-69 hari untuk putra dan 40-49 hari untuk putri.
Tingkatan Kemampuan Pebalap

Divisi 1 atau First Division
  • Grade A adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang baik dalam balapan. Pebalap Grade A diharapkan membalap dalam kurun waktu 80-89 hari (putra)/60-69 hari (putri) dan biasanya terkenal.
  • Grade B adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang cukup baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang cukup baik dalam balapan. Pebalap Grade B diharapkan membalap  dalam kurun waktu 80-89 hari (putra)/60-69 hari (putri) dan cukup terkenal.
  • Grade C adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang kurang baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang kurang baik dalam balapan. Pebalap Grade C diharapkan membalap  dalam kurun waktu 80-89 hari (putra)/60-69 hari (putri) dan kurang terkenal.
Divisi 2 atau Second Division
  • Grade A adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang baik dalam balapan. Pebalap Grade A diharapkan membalap dalam kurun waktu 70-79 hari (putra)/50-59 hari (putri).
  • Grade B adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang cukup baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang cukup baik dalam balapan. Pebalap Grade B diharapkan membalap dalam kurun waktu 70-79 hari (putra)/50-59 hari (putri).
  • Grade C adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang kurang baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang kurang baik dalam balapan. Pebalap Grade C diharapkan membalap dalam kurun waktu 70-79 hari/50-59 hari (putri).
Divisi 3 atau Third Division
  • Grade A adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang baik dalam balapan. Pebalap Grade A diharapkan membalap dalam waktu 60-69 hari (putra)/40-49 hari (putri).
  • Grade B adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang cukup baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang cukup baik dalam balapan. Pebalap Grade B diharapkan membalap dalam waktu 60-69 hari (putra)/40-49 hari (putri).
  • Grade C adalah pebalap yang memiliki kemampuan yang kurang baik dalam membalap dan memiliki prestasi yang cukup baik dalam balapan. Pebalap Grade C diharapkan membalap dalam waktu 60-69 hari (putra)/40-49 hari (putri).
Catatan: Jumlah hari ideal untuk membalap adalah 60-89 hari (tidak boleh lebih dari 90 hari) untuk putra dan 40-69 hari (tidak boleh lebih dari 70 hari) untuk putri. Hal ini agar kehidupan pebalap seimbang antara balapan dan kehidupan sehari-hari.
Area atau Region UCI

UCI memiliki 25 area atau region yang tersebar di seluruh dunia untuk mempermudah pembinaan, pembangunan, penelitian, manajemen dan promosi balap sepeda. Tujuan pembentukan area atau region adalah untuk memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh negara di dunia untuk mengembangkan olahraga balap sepeda.
  • Region 1, meliputi wilayah Britania Raya dan Irlandia.
  • Region 2, meliputi wilayah Perancis, Italia, Spanyol dan Portugal.
  • Region 3, meliputi wilayah Benelux.
  • Region 4, meliputi wilayah Jerman, Swiss dan Austria.
  • Region 5, meliputi wilayah Skandinavia.
  • Region 6, meliputi wilayah Rusia, Ukraina, Belarusia dan negara-negara Baltik.
  • Region 7, meliputi wilayah Polandia, Hungaria, Republik Ceko dan Slowakia.
  • Region 8, meliputi wilayah Balkan (negara-negara pecahan Yugoslavia).
  • Region 9, meliputi wilayah Yunani, Albania, Siprus, Turki, Bulgaria, Rumania dan Moldova.
  • Region 10, meliputi wilayah Kaukasus.
  • Region 11, meliputi wilayah Amerika Utara.
  • Region 12, meliputi wilayah Amerika Tengah.
  • Region 13, meliputi wilayah Karibia.
  • Region 14, meliputi wilayah Amerika Selatan.
  • Region 15, meliputi wilayah Asia Timur.
  • Region 16, meliputi wilayah Asia Tenggara.
  • Region 17, meliputi wilayah Asia Selatan/Anak Benua India.
  • Region 18, meliputi wilayah Asia Tengah.
  • Region 19, meliputi wilayah Asia Barat/Timur Tengah.
  • Region 20, meliputi wilayah Afrika Utara/Maghrebi.
  • Region 21, meliputi wilayah Afrika Barat.
  • Region 22, meliputi wilayah Afrika Selatan.
  • Region 23, meliputi wilayah Afrika Timur.
  • Region 24, meliputi wilayah Australia dan Selandia Baru.
  • Region 25, meliputi wilayah Kepulauan Pasifik.
Daftar Benua beserta Nomor Urut Area atau Region
  • Eropa: Region 1-10
  • Amerika: Region 11-14
  • Asia: Region 15-19
  • Afrika: Region 20-23
  • Oseania: Region 24-25
Musim Balapan UCI
  • WorldTour: Januari-Oktober
  • Continental Tour: Bergantung kepada masing-masing benua
  • Regional Tour: Bergantung kepada masing-masing area atau region
Musim Balapan Continental Tour
  • European Tour: Februari-Oktober
  • American Tour: Januari-Desember
  • Asian Tour: Februari-Desember
  • African Tour: Februari-Desember
  • Oceanian Tour: September-Maret
Musim Balapan Regional Tour
  • Region 1: Maret-September
  • Region 2: Februari-Oktober
  • Region 3: Februari-Oktober
  • Region 4: Maret-September
  • Region 5: April-September
  • Region 6: Maret-September
  • Region 7: Maret-September
  • Region 8: Februari-Oktober
  • Region 9: Februari-Oktober
  • Region 10: Februari-Oktober
  • Region 11: Maret-September
  • Region 12: Januari-Desember
  • Region 13: Januari-Desember
  • Region 14: Januari-Desember
  • Region 15: Februari-Oktober
  • Region 16: Februari-November
  • Region 17: Februari-Desember
  • Region 18: Maret-Oktober
  • Region 19: Februari-Juni dan September-Januari
  • Region 20: Februari-Oktober.
  • Region 21: Februari-Oktober.
  • Region 22: Februari-Desember.
  • Region 23: Februari-Desember.
  • Region 24: September-Maret.
  • Region 25: Oktober-Juni.
Balapan Eksibisi UCI/UCI's Exhibition Races

Balapan eksibisi adalah balapan yang diselenggarakan di luar kalendar resmi UCI dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan pebalap dan untuk kegiatan amal. Balapan eksibisi akan diselenggarakan terpisah dengan balapan WorldTour, Continental Tour dan Regional Tour, namun masih ada keterkaitan dengan balapan resmi UCI. Balapan eksibisi akan terdiri dari balapan satu minggu (stage race) dan satu hari (one-day race). Balapan satu minggu dan satu hari akan diselenggarakan secara bergantian setiap dua minggu. Balapan eksibisi akan dikelola oleh UCI, penyelenggara olahraga dan beberapa perusahaan swasta.

Tingkat Balapan Eksibisi

Balapan eksibisi hanya memiliki dua tingkatan, tidak seperti balapan resmi UCI.
  • Continental Exhibition Race adalah seri balapan eksibisi yang diselenggarakan di masing-masing benua. Seri balapan ini setara dengan balapan resmi Continental Tour kategori Hors Categorie dan First Category. Kualitas dan reputasi seri balapan ini termasuk sedang-tinggi dan diakui secara regional dan internasional.
  • Regional Exhibition Race adalah seri balapan eksibisi yang diselenggarakan di masing-masing area atau region. Seri balapan ini setara dengan balapan resmi Regional Tour kategori Second Category. Kualitas dan reputasi seri balapan ini termasuk rendah-sedang dan diakui secara regional.
Kategori Balapan Eksibisi

Kategori dalam balapan eksibisi sama dengan balapan resmi UCI, hanya jumlah pembalap yang ikut serta lebih sedikit dan jumlah tim yang ikut serta lebih banyak.
  • Hors Categorie atau Beyond Category adalah balapan berkualitas tinggi yang diakui secara regional dan internasional, memiliki reputasi tinggi dan dikenal di berbagai negara. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah beberapa tim Divisi 1 atau First Division, beberapa tim Divisi 2 atau Second Division dan beberapa tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 30 tim (12 tim Divisi 1 atau First Category, 12 tim Divisi 2 atau Second Category dan 6 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan) untuk putra dan 24 tim (12 tim Divisi 1 atau First Division, 6 tim Divisi 2 atau Second Division dan 6 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan) untuk putri. Jumlah pembalap dalam balapan kategori ini adalah 6 pebalap di setiap tim untuk putra maupun putri. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 180 pebalap untuk putra dan 144 pebalap untuk putri untuk seluruh kategori balapan.
  • First Category adalah balapan berkualitas sedang yang diakui secara regional, memiliki reputasi sedang dan dikenal di beberapa negara. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah beberapa tim Divisi 1 atau First Division, beberapa tim Divisi 2 atau Second Division dan beberapa tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 24 tim (12 tim Divisi 1 atau First Division, 6 tim Divisi 2 atau Second Division dan 6 tim Division 3 dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan) untuk putra dan 20 tim (12 tim Divisi 1 atau First Division, 4 tim Divisi 2 atau Second Division dan 4 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan) untuk putri. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 6 pembalap di setiap tim untuk putra maupun putri. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 144 pebalap untuk putra dan 120 pebalap untuk putri untuk seluruh kategori balapan.
  • Second Category adalah balapan berkualitas rendah yang diakui secara regional, memiliki reputasi rendah dan dikenal di beberapa negara. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah beberapa tim Divisi 2 atau Second Division dan beberapa tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 24 tim (4 tim Divisi 2 atau Second Division, 16 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan, tim dari area atau region lain dapat mengikuti balapan dan 4 tim nasional untuk pebalap yang tidak mendapat tempat dalam satu tim dan pebalap tamu) untuk putra dan 20 tim (4 tim Divisi 2 atau Second Division, 12 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan, tim dari area atau region lain dapat mengikuti balapan dan 4 tim nasional untuk pebalap yang tidak mendapat tempat dalam satu tim dan pebalap tamu) untuk putri. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 6 pembalap di setiap tim untuk putra maupun putri. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 144 pebalap untuk putra dan 120 pebalap untuk putri untuk seluruh kategori balapan.
Musim Balapan Eksibisi

Musim balapan eksibisi mengikuti musim Continental Tour dan Regional Tour.

Disiplin Trek

Balap sepeda trek dibagi dua, yaitu sprint (jarak pendek) dan endurance (jarak panjang).
  • Sprint adalah salah satu jenis balapan sepeda trek berjarak pendek. Balapan sprint terdiri dari 8-10 putaran. Pebalap trek yang menekuni sprint hanya berfokus di disiplin trek, tetapi juga bisa membalap di disiplin BMX (bike motocross).
  • Endurance adalah salah satu jenis balapan sepeda trek berjarak panjang. Balapan endurance terdiri dari 12-16 putaran, bahkan hingga 200 lap untuk madison. Pebalap endurance dapat membalap untuk disiplin jalan raya.
Daftar Balapan Sprint
  • Sprint
  • Team sprint
  • Keirin
  • Time trial
Daftar Balapan Endurance
  • Individual pursuit
  • Team pursuit
  • Scratch race
  • Points race
  • Madison
  • Omnium
NB: Daftar balapan untuk masing-masing jenis belum lengkap dan dapat ditambahkan jika perlu.

Divisi Tim

Pembagian tim dalam disiplin trek sama untuk putra dan putri. Pebalap sepeda trek dapat membalap di tim komersial maupun tim nasional.

Tim Komersial atau Trade Team
  • Divisi 1 atau First Division adalah tim profesional berkualitas tinggi yang diakui secara internasional dan memiliki reputasi tinggi. Tim yang bergabung dalam Divisi 1 atau First Division terdiri dari 16 tim untuk putra dan putri yang memiliki 18-24 pebalap untuk putra dan 16-20 pebalap untuk putri.
  • Divisi 2 atau Second Division adalah tim profesional berkualitas sedang yang diakui secara regional dan internasional dan memiliki reputasi sedang. Tim yang bergabung dalam Divisi 2 atau Second Division terdiri dari 20 tim untuk putra dan putri yang memiliki 12-18 pebalap untuk putra dan 12-16 pebalap untuk putri.
  • Divisi 3 atau Third Division adalah tim profesional berkualitas rendah yang diakui secara regional dan memiliki reputasi rendah. Tim yang bergabung dalam Divisi 3 atau Third Division terdiri dari 10-15 tim di setiap area atau region untuk putra dan putri yang memiliki 10-15 pebalap untuk putra dan 8-12 pebalap untuk putri.
  • Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development adalah tim yang ditujukan untuk pebalap muda untuk mempersiapkan diri menjadi pebalap profesional. Jumlah tim untuk setiap area atau region dan pebalap di setiap tim sama dengan Divisi 3 atau Third Division.
Tim Nasional

Tim nasional adalah tim yang mewakili sebuah negara dan tidak terikat oleh sponsor/instansi tertentu. Siapa saja dapat bergabung dalam tim nasional.

Divisi Balapan

Pembagian balapan dalam disiplin trek sama dengan jalan raya, pembagian divisi untuk putra dan putri sama.
  • World Cup adalah balapan berkualitas tinggi yang diakui secara internasional, memiliki reputasi tinggi dan terkenal di seluruh dunia. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah tim Divisi 1 atau First Division, tim Divisi 2 atau Second Division dan tim nasional. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 30 tim, masing-masing divisi mengirimkan 10 tim.
  • Hors Categorie atau Beyond Category adalah balapan berkualitas sedang-tinggi yang diakui secara regional dan internasional. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah tim Divisi 1 atau First Division, tim Divisi 2 atau Second Division, tim Divisi 3 atau Third Division dan tim nasional. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 32 tim, masing-masing divisi mengirimkan 8 tim. 
  • First Category adalah balapan berkualitas sedang yang diakui secara regional. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah tim Divisi 1 atau First Division, tim Divisi 2 atau Second Division, tim Divisi 3 atau Third Division dan tim nasional. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 32 tim, Divisi 1 atau First Division dan Divisi 2 atau Second Division mengirimkan masing-masing 6 tim, sedangkan Divisi 3 atau Third Division dan tim nasional mengirimkan masing-masing 10 tim.
  • Second Category adalah balapan berkualitas sedang yang diakui secara regional. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah tim Divisi 2 atau Second Division, tim Divisi 3 atau Third Division dan tim nasional. Divisi 2 atau Second Division mengirimkan 6 tim, sedangkan Divisi 3 atau Third Division dan tim nasional mengirimkan masing-masing 12 tim.
Tingkat Balapan

Tingkatan dalam disiplin trek sama dengan disiplin jalan raya, keduanya dibagi berdasarkan cakupan wilayah.
  • Track World Cup adalah seri balap sepeda trek sepanjang tahun yang diselenggarakan di berbagai belahan dunia, terdiri dari balapan berkualitas tinggi (World Cup) yang diakui secara internasional dan memiliki reputasi tinggi.
  • Track Continental Cup adalah seri balap sepeda trek sepanjang tahun yang diselenggarakan di masing-masing benua (UCI memiliki 5 wilayah benua), terdiri dari balapan berkualitas sedang hingga tinggi (Hors Categorie dan First Category) yang diakui secara regional dan internasional dan memiliki reputasi sedang hingga tinggi.
  • Track Regional Cup adalah seri balap sepeda trek sepanjang tahun yang diselenggarakan di masing-masing area atau region (UCI memiliki 25 area atau region), terdiri dari balapan berkualitas rendah hingga sedang (Second Category) yang diakui secara regional dan memiliki reputasi rendah hingga sedang.
Rekomendasi Kategori Balapan Untuk Setiap Divisi
  • Tim Divisi 1 atau First Division dapat mengikuti balapan kategori World Cup, Hors Categorie atau Beyond Category dan First Category.
  • Tim Divisi 2 atau Second Division dapat mengikuti balapan kategori World Cup, Hors Categorie atau Beyond Category, First Category dan Second Category.
  • Tim Divisi 3 atau Third Division dapat mengikuti balapan kategori Hors Categorie atau Beyond Category, First Category dan Second Category.
  • Tim Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development dapat mengikuti balapan dengan kategori yang sama dengan tim Divisi 3 atau Third Division.
  • Tim nasional dapat mengikuti balapan kategori World Cup, Hors Categorie atau Beyond Category, First Category dan Second Category.
Rekomendasi Tingkat Balapan Untuk Setiap Divisi
  • Tim Divisi 1 atau First Division dapat mengikuti balapan tingkat World Cup dan Continental Cup.
  • Tim Divisi 2 atau Second Division dapat mengikuti balapan tingkat World Cup, Continental Cup dan Regional Cup.
  • Tim Divisi 3 atau Third Division dapat mengikuti balapan tingkat Continental Cup dan Regional Cup.
  • Tim Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development dapat mengikuti balapan dengan tingkat yang sama dengan tim Divisi 3 atau Third Division.
  • Tim nasional dapat mengikuti  balapan tingkat World Cup, Continental Cup dan Regional Cup.
Area atau Region

UCI memiliki 25 area atau region yang tersebar di seluruh dunia. Tujuan dari area atau region adalah untuk memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh negara untuk mengembangkan olahraga balap sepeda.

Area atau region untuk disiplin trek sama dengan disiplin jalan raya.

Musim Balapan UCI
  • World Cup: Oktober-April
  • Continental Cup: Bergantung kepada masing-masing benua
  • Regional Cup: Bergantung kepada masing-masing area atau region
Musim Balapan Continental Cup
  • European Cup: September-April
  • American Cup: Februari-Desember
  • Asian Cup: Februari-Desember
  • African Cup: Januari-Desember
  • Oceanian Cup: Februari-Oktober
Musim Balapan Regional Cup
  • Region 1: September-Maret
  • Region 2: Oktober-April
  • Region 3: Oktober-April
  • Region 4: September-Maret
  • Region 5: September-April
  • Region 6: September-Maret
  • Region 7: September-Maret
  • Region 8: Oktober-Maret
  • Region 9: Oktober-Maret
  • Region 10: Oktober-Maret
  • Region 11: September-Maret
  • Region 12: Februari-Oktober
  • Region 13: Februari-Oktober
  • Region 14: Februari-Oktober
  • Region 15: Oktober-Maret
  • Region 16: Februari-Desember
  • Region 17: Februari-Desember
  • Region 18: Oktober-Maret
  • Region 19: Januari-Oktober
  • Region 20: Februari-Oktober
  • Region 21: Februari-Oktober
  • Region 22: Februari-Desember
  • Region 23: Februari-Desember
  • Region 24: Januari-September
  • Region 25: Juni-Desember
Disiplin Cyclo-Cross

Divisi Tim (Putra)
  • Divisi 1 atau First Division adalah tim profesional berkualitas tinggi yang diakui secara internasional dan memiliki reputasi tinggi. Tim yang bergabung dalam Divisi 1 atau First Division terdiri dari 10 tim yang terdiri dari 20 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 2 atau Second Division adalah tim profesional berkualitas sedang yang diakui secara regional dan internasional dan memiliki reputasi sedang. Tim yang bergabung dalam Divisi 2 atau Second Division terdiri dari 20 tim yang terdiri dari 15 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 3 atau Third Division adalah tim profesional berkualitas rendah yang diakui secara regional dan memiliki reputasi rendah. Tim yang bergabung dalam Divisi 3 atau Third Division terdiri dari 10 tim untuk setiap area atau region yang terdiri dari 10 pebalap di setiap tim.
  • Divisi 3 Pembangunan atau Third Division Development adalah tim yang ditujukan untuk pebalap muda untuk mempersiapkan diri untuk menjadi pebalap profesional. Jumlah tim untuk setiap area atau region dan pebalap di setiap tim sama dengan Divisi 3 atau Third Division.

Divisi Balapan (Putra)
  • World Cup adalah balapan berkualitas tinggi yang diakui secara internasional dan memiliki reputasi tinggi. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah seluruh tim Divisi 1 atau First Division dan sebagian tim Divisi 2 atau Second Division terpilih. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 20 tim yang terdiri dari seluruh tim Divisi 1 atau First Division dan 10 tim Divisi 2 atau Second Division terpilih. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 5 orang di setiap tim. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 100 pebalap.
  • Hors Categorie adalah balapan berkualitas sedang hingga tinggi yang diakui secara regional dan internasional dan memiliki reputasi sedang hingga tinggi. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah seluruh tim Divisi 1 atau First Division, seluruh tim Divisi 2 atau Second Division dan sebagian tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan. Jumlah tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 25 tim yang terdiri dari seluruh tim Divisi 1 atau First Division, 20 tim Divisi 2 atau Second Division terpilih dan 5 tim Divisi 3 dari area atau region asal negara penyelenggara balapan yang bersangkutan. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 5 pebalap di setiap tim. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 125 pebalap.
  • First Category adalah balapan berkualitas rendah hingga sedang yang diakui secara regional dan memiliki reputasi rendah hingga sedang. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah sebagian tim Divisi 1 atau First Division, seluruh tim Divisi 2 atau Second Division dan sebagian tim Divisi 3 atau Third Division. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 30 tim yang terdiri dari 5 tim Divisi 1 atau First Division, 20 tim Divisi 2 atau Second Division dan 5 tim Divisi 3 atau Third Division. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 5 orang  di setiap tim. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 150 pebalap.
  • Second Category adalah balapan berkualitas rendah yang diakui secara regional dan lokal dan memiliki reputasi rendah. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah sebagian tim Divisi 2 atau Second Division dan Divisi 3 atau Third Division. Tim yang mengikuti balapan kategori ini adalah 20 tim yang terdiri dari 10 tim Divisi 2 atau Second Division dan 10 tim Divisi 3 atau Third Division dari area atau region mana saja asalkan dekat dengan negara penyelenggara balapan yang bersangkutan. Jumlah pebalap dalam kategori ini adalah 5 orang di setiap tim. Total pebalap yang mengikuti balapan kategori ini adalah 100 pebalap.

Divisi Tim (Putri)

Pembagian divisi tim untuk putri sama dengan putra, namun jumlah pebalap lebih sedikit, yaitu 15 orang di setiap tim untuk Divisi 1 atau First Division dan 10 orang di setiap orang untuk Divisi 2 atau Second Division dan Divisi 3 atau Third Division.

Divisi Balapan (Putri)

Pembagian divisi balapan untuk putri sama dengan putra.
Tingkat Balapan

Tingkat balapan dalam disiplin cyclo-cross hampir sama dengan disiplin jalan raya dan trek.

  • Cyclo-Cross World Cup adalah seri balapan sepeda cyclo-cross sepanjang tahun yang diselenggarakan di berbagai negara di dunia, berkualitas tinggi dengan balapan World Cup dan Hors Categorie, memiliki reputasi tinggi dan diakui secara internasional.
  • Cyclo-Cross Continental Cup adalah seri balapan sepeda cyclo-cross sepanjang tahun yang diselenggarakan di masing-masing benua (UCI memiliki 4 wilayah benua untuk disiplin cyclo-cross), berkualitas sedang dengan balapan Hors Categorie dan First Category, memiliki reputasi sedang dan diakui secara regional dan internasional.
  • Cyclo-Cross Regional Cup adalah seri balapan sepeda cyclo-cross sepanjang tahun yang diselenggarakan di masing-masing area atau region (UCI memiliki 14 area atau region untuk disiplin cyclo-cross), berkualitas rendah dengan balapan Second Category, memiliki reputasi rendah dan diakui secara regional.
Rekomendasi Kategori Balapan Untuk Setiap Divisi

Rekomendasi kategori balapan untuk disiplin cyclo-cross sama dengan disiplin trek.

Rekomendasi Tingkat Balapan Untuk Setiap Divisi

Rekomendasi tingkat balapan untuk disiplin cyclo-cross sama dengan disiplin trek.


Area atau Region

Untuk disiplin cyclo-cross, jumlah area atau region lebih sedikit karena disiplin ini hanya dimainkan di daerah beriklim sedang dan dingin. Tujuan pembentukan area atau region untuk disiplin ini sama dengan disiplin lain. UCI memiliki 14 area atau region untuk disiplin cyclo-cross.

  • Region 1-10, meliputi wilayah yang sama dengan disiplin jalan raya dan trek.
  • Region 11, meliputi wilayah Amerika Utara.
  • Region 12, meliputi wilayah Australia dan Selandia Baru.
  • Region 13, meliputi wilayah Asia Timur.
  • Region 14, meliputi wilayah Asia Tengah.
Musim Balapan UCI
  • World Cup: Oktober-Februari
  • Continental Cup: Bergantung kepada masing-masing benua
  • Regional Cup: Bergantung kepada masing-masing area atau region
Musim Balapan Continental Tour
  • European Cup: September-April
  • American Cup: September-Maret
  • Oceanian Cup: Maret-September
  • Asian Cup: Oktober-Maret
Musim Balapan Regional Tour
  • Region 1: September-Maret
  • Region 2: Oktober-Februari
  • Region 3: Oktober-Februari
  • Region 4: September-Maret
  • Region 5: September-April
  • Region 6: September-Maret
  • Region 7: September-Februari
  • Region 8: Oktober-Maret
  • Region 9: Oktober-Februari
  • Region 10: Oktober-Februari
  • Region 11: September-Maret
  • Region 12: Maret-September
  • Region 13: Oktober-Maret
  • Region 14: Oktober-Februari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar