Jumat, 02 September 2011

Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana adalah seni pertunjukan yang cantik, mengagumkan dan sulit tertandingi. Pertunjukan ini mampu menyatukan ragam kesenian Jawa berupa tari, drama dan musik dalam satu panggung dan satu momentum untuk menyuguhkan kisah Ramayana, epos legendaris karya Walmiki yang ditulis dalam bahasa Sanskerta.

Kisah Ramayana yang dibawakan pada pertunjukan ini serupa dengan yang terpahat pada Candi Prambanan. Seperti yang banyak diceritakan, cerita Ramayana yang terpahat di candi Hindu tercantik mirip dengan cerita dalam tradisi lisan di India. Jalan cerita yang panjang dan menegangkan itu dirangkum dalam empat lakon atau babak, penculikan Sinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna atau Rahwana, dan pertemuan kembali Rama-Sinta.

Aku pernah nonton hari Kamis tanggal 1 September. Aku nonton saat liburan Lebaran tahun ini bersama keluarga. Kisah ini bagus dan menarik untuk ditonton, ceritanya menghibur aku dan anggota keluarga. Menurutku, ini lebih bagus dibanding film Hollywood atau pertunjukan sejenis.

http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/performance/ramayana-ballet/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar