Selasa, 05 Juli 2011

Road race cycling

Road race cycling (B. Indonesia : balap sepeda jalan raya) adalah balap sepeda yang dilaksanakan di jalan raya. Olahraga ini sangat populer di Eropa dan juga di dunia.

Balap sepeda jalan raya telah ada sejak tahun 1868. Kejuaraan dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1893 dan selalu tampil pada Olimpiade sejak tahun 1896. Setiap Olimpiade, balap sepeda jalan raya selalu dipertandingkan untuk pria maupun wanita.

Balapan jalan raya dalam format modern telah ada pada akhir abad ke-19. Olahraga ini sangat populer di negara Eropa Barat, yaitu Prancis, Spanyol, Belgia dan Italia. Beberapa pertandingan balap sepeda Eropa awal menjadi pertandingan terbesar. Balapan yang terkenal meliputi Tour d'France dan Giro d'Italia. Kedua balapan tersebut merupakan tingkatan paling tinggi dalam balap sepeda jalan raya.

Tipe-tipe dalam balap sepeda jalan raya meliputi :

  • Criterium - jarak pendek; biasanya di bawah 5 km; dilakukan dengan mass start.
  • Circuit race - jarak sedang; jarak antara 5-10 km; dilakukan dengan mass start.
  • Road race - jarak jauh; biasanya lebih dari 60 km; bisa dengan satu atau beberapa lap, juga bisa dengan mass start ataupun metode handicap.
  • Time trial - jarak sedang; biasanya di antara 20-50 km; start satu per satu.
Perrandingan terakbar dalam olahraga ini adalah Tour d'France, Vuelta de Espana, Giro d'Italia, Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Musim balap sepeda jalam raya biasanya antara musim semi hingga musim gugur. Jadwal pertandingan bisa sesuai dengan musim yang ada di wilayah belahan bumi.

Sumber dari Om Wkipedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar