Minggu, 26 Juni 2011

Kontes Dansa Eurovision

Kontes Dansa Eurovision adalah kontes dansa internasional yang diselenggarakan pertama kali di Inggris pada pada hari Sabtu 1 September 2007.

Kontes ini terinspirasi oleh acara televisi Strictly Come Dancing, pembaruan dari Come Dancing pada 2004 di Inggris, yang menjadi hit di lebih dari 25 negara di seluruh dunia. Kontes tersebut adalah tambahan dari Kontes Dansa Eurovision. Pada 9 Mei 2007, Federasi Olahraga Dansa Internasional (IDSF) secara resmi mengumumkan bahwa organisasi ini telah terhubung dengan Kontes Dansa Eurovision. IDSF mengkreditkan kontes ini kepada Richard Bunn dari rbi network, Genewa, mantan kontroler olahraga EBU, yang mengutus EBU untuk membuat acara televisi seperti ini.

Format dan informasi umum

Lomba ini terdiri atas pasangan pedansa dari setiap negara peserta, setiap pasangan mempertunjukan sebuah tarian, dansa gaya bebas yang mengandung budaya negara tersebut yang dapat dipertontonkan di sejumlah negara. Tambahan untuk penilaian oleh juri yang berpengalaman di dalam arena, pemirsa di Eropa dapat memilih pasangan favorit mereka lewat telepon maupun SMS untuk menentukan siapa pemenang dari kontes ini. BBC adalah penyiar dari kedua edisi dari kontes ini pada 2007 dan 2008.


Kontes

2007

Kontes Dansa Eurovision 2007 diselenggarakan di London. Di kontes 2007 setiap pasangan mempertnjukan tarian selama 1 menit 30 detik : tarian pertama adalah tarian ballroom atau Latin dan tarian kedua adalah tarian gaya bebas. Pasangan pedansa profesional boleh mengikuti kontes ini. Pemenang dari kontes tahun 2007 adalah Finlandia.

2008

Beberapa perubahan diperkenalkan pada kontes 2008 yang diselenggarakan di Glasgow. Pasangan pedansa profesional sudah tidak lagi diperbolehkan, semua pasangan terdiri atas seorang pedansa profesional dan seorang lagi adalah seorang selebriti. Hanya satu, tarian selama 2 menit yang dipermainkan oleh setiap pasangan. Juri profesional diperkenalkan di dalam kontes dan memiliki bobot 20% dalam penilaian dan 80% berasal dari televoting oleh pemirsa.

2009

Kontes yang akan diselenggarakan di Azerbaijan kini sudah dibatalkan oleh EBU yang mengatakan bahwa kurangnya minat yang serius dalam mengikuti kontes. Kini, tak ada rencana apapun untuk menyelenggarakan kontes ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar