Minggu, 13 September 2009

Film Animasi "Meraih Mimpi"

Cerita

Meraih Mimpi adalah sebuah film animasi yang sangat menyentuh dengan cerita yang memberikan kekuatan dan harapan akan pentingnya toleransi, perjuangan dan semangat dalam meraih cita-cita. Dengan seting di perkampungan dan hutan pulau Batam yang juga dihuni dengan berbagai binatang-binatang khas Indonesia, membuat tampilan visual yang sangat luar biasa.

Dana (Gita Gutawa), adalah karakter anak perempuan utama di film ini. Ia terpaksa mengikuti tradisi patriarkis di kampungnya dan juga dominasi penguasa tuan tanah yang membebani keluarganya dan seluruh kampung dengan pajak tanah yang keterlaluan. Padahal sebenarnya tuan tanah Pairot (Surya Saputra), berniat mengusir warga demi membangun perhotelan dan kasino. Perjalanan Dana menjadi sangat unik ketika ia sadar bahwa hanya dengan memenangkan kompetisi beasisiwa untuk melanjutakan sekolahnya, ia dapat berjuang melawan ketidak adilan ini.

Ditemani dengan binatang-binatang hutan dan Rai (Patton "idola Cilik") adiknya, Dana tidak hanya berhasil mendapatkan beasiswa, tetapi mereka juga menemukan rahasia tuan tanah akan identitasnya yang sebenarnya. Meraih Mimpi adalah kisah anak perempuan dan keluarganya yang mencintai binatang dan lingkungan dan tak berhenti bermimpi dan berjuang. Sebuah kisah yang akan menginspirasi banyak anak-anak di Indonesia dan di Asia Tenggara. Film ini dapat menimbulkan kesadaran anak-anak Indonesia akan pentingnya kesetaraan gender, sehingga anak laki-laki dan perempuan kita dapat tumbuh menjadi generasi yang saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Tokoh

Dana

Dana, anak perempuan cerdas berusia 15 tahun yang tumbuh di perkampungan tradisional di daerah pulau Batam. Ia sangat mencintai lingkungannya, selalu haus akan pengetahuan dan pemberani. Selain itu, hobinya menyanyi, membuat dirinya selalu berbahagia.

Rai

Rai adalah adik laki-laki Dana. Sifatnya kompetitif, macho dan senang berolah raga. Rai tergila-gila dengan ilmu bela diri/silat dan sangat antusias dalam menyelamatkan kampungnya.

Somad

Somad adalah ayah Dana, usianya sekitar 37 tahun. Karakter pekerja keras dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, juga ibunya yang tinggal bersama mereka. Ia tak pernah menikah kembali semenjak ibu dari anak-anaknya meninggal.

Pairot

Pairot adalah tuan tanah yang bermuka dua, sombong dan manipulatif. Dia adalah otak dibalik penipuan rakyat perkampungan Dana dan merasa dirinya lebih pintar dari seluruh warga kampung, walaupun sebenarnya ia juga berasal dari kampung yang sama. Pairot memiliki obsesi yang tidak sehat, yaitu tergila-gila dengan Elvis sampai dandanannya pun menjiplak Elvis habis-habisan.

Minah

Minah adalah karakter penghubung antara dunia manusia dan binatang, juga antara dunia modern perkotaan dan perkampungan. Minah sangat cerdas, cerewet dan selalu bisa mencari akal diantara setiap permasalahan. Ia juga dapat memanipulasi karakter-karakter jahat dalam film sehingga dapat menguntungkannya.

Kakatu

Kakatu adalah "Suhu" bagi Minah. Ia yang menyeimbangkan kejahilan dan kecerewetannya. Karena Kakatu sangat bijaksana, Minah pun selalu mengikuti masukan dan nasehat Kakatu.

Ben

Seorang Anak tuan tanah yang sombong, gendut dan bodoh. Dia merupakan pewaris tunggal kekayaan bapaknya, dan dia dijodohkan dengan Dana.

Oma

Oma adalah nenek dari Dana dan Rai. Ia mengurus anak-anak ini semenjak ibu mereka meninggal. Oma sangat mengerti semua keinginan-keinginan Dana, sehingga ia mendukung Dana untuk meraih impian dan cita-citanya.

Ubay

Ubay adalah penagih pajak, anak buah Pairot. Ia agak bodoh, tapi sangat galak dan menakutkan bagi para warga kampung. Hanya dengan satu kerlingan mata, semua orang tunduk pada perintahnya.

Wiwien

Wiwien sebenarnya adalah paman Pairot yang jarang muncul. Gaya hidupnya berbeda sekali dengan Pairot. Ia jujur dan sederhana. Walaupun tak pandai bergaul, ia sebenarnya orang yang penyayang dan membantu Dana dalam membongkar rahasia pewarisan tanah yang dimiliki keluarga Pairot.

Tante Bear

Tante Bear adalah pemimpin di antara para binatang hutan. Sifatnya baik, tak suka menyakiti dan sebenarnya sedikit pemalu.

Saman

Seorang guru yang sangat berwibawa dan santun. Saman adalah bapak dari Lei.

Kadal

Selalu muncul ditempat-tempat yang tak terduga, mempunyai pengalaman diusir dari pohon yang telah ditebang oleh Pairot.

Kelelawar

Seekor kelelawar betina yang suka membantu teman-temannya, dan merupakan sahabat bagi kakatu dan minah.

Rusa

Selalu setia menemani tante Bear pergi dan juga memberikan ide yang baik kepada tante Bear untuk kepentingan teman-teman di Hutan.

Monyet Penemu

Seekor monyet yang pandai menemukan sesuatu alat yang berguna baginya dan teman-temannya.

Lei

Anak dari pak Guru Saman, baik hati dan mempunyai perasaan suka terhadap Dana.

Tien
Sahabat Dana yang lugu dan baik, namun dia dijodohkan oleh kedua orangtuanya untuk menikah dengan seseorang yang tidak dia cintai.

Laba-Laba

Membantu teman-teman binatangnya, dengan membuat jaring-jaringnya sebagai layar untuk melihat ke dunia manusia.

Arti

Ibunda dari Tien, yang menjodohkan anaknya dengan lelaki yang tidak Tien cintai, namun Arti melakukan itu hanya untuk membuat masa depan Tien terjamin.

Pengisi Suara
Lagu-Lagu

MERAIH MIMPI
Original Song Title:
"Sing To The Dawn"
Composed by:
Alicia Pan, terrytyelee and Adrian Yuen
Published by:
Me & Mrs Mom Pte Ltd
Lyric Adaptor:
Cindy Bernadette
Arranged by:
Erwin Gutawa
Vocal Director:
Erwin Gutawa
Performed by:
Gita Gutawa
Courtesy of:
Sony Music Entertainment Indonesia

TAK BUTUH AMBISI
Original Song Title:
"So Much More"
Composed by:
Adrian Yuen
Lyric Adaptor:
Nia Dinata
Arranged by:
Aghi Narottama, Bemby Gusti, Ramondo Gascaro
Vocal Director:
Irvan Nat
Performed by:
Gita Gutawa, Patton, Uli Herdinansyah

MIMPI
Original Song Title:
"Dreams"
Composed by:
Alicia Pan and terrytyelee
Arranged by:
Toh Tze Chin
Lyric Adaptor:
Nia Dinata
Performed by:
Gita Gutawa

DUIT - DUIT
Composed and Arranged by:
Aghi Narottama, Bemby Gusti, Ramondo Gascaro
Written by:
Nia Dinata
Vocal Director:
Irvan Nat
Performed by:
Surya Saputra & Joko Anwar

KELUARGA BINATANG
Composed and Arranged by:
Aghi Narottama, Bemby Gusti, Ramondo Gascaro
Written by:
Nia Dinata
Vocal Director:
Irvan Nat
Performed by:
Tike Priatnakusumah, Shanty, Cut Mini, Ria Irawan, Otto Djauhari, Nina Taman, Melissa Karim

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar